Forum PNS Berdikari

dukung reformasi birokrasi !

Grand Design Reformasi Birokrasi Hindari Kooptasi Kepentingan Politik pada Birokrasi

Grand Design Reformasi Birokrasi Hindari Kooptasi Kepentingan Politik pada Birokrasi

Menpan-RB EE Mangindaan mengakui bahwa reformasi birokrasi hingga saat ini belum menunjukkan hasil yang membanggakan, oleh karena itu Kementerian PAN dan RB membuat satu kebijakan dengan Grand Design dan Road Map reformasi birokrasi sebagai langkah awal Kementrian PAN dan RB dalam percepatan reformasi birokrasi babak baru reformasi birokrasi yang dicanangkan mulai tahun 2010 yang lalu.

Dalam Grand Design dan Road Map reformasi birokrasi pembenahan yang harus dilakukan antara lain penataan organisasi, ketatalaksanaan, regulasi, pengawasan, akuntabilitas, SDM Aparatur, pelayanan publik, hingga mind set dan cultural set aparatur, untuk memastikan bahwa birokrasi yang ada sudah right function and right sizing, tandas EE Mangindaan.

Dengan demikian dengan langkah ini diharapkan mampu menjawab tanganan dan hambatan yang selama ini terjadi bahwa birokrasi tidak pernah beroperasi dalam kondisi bebas dari pengaruh politik. Birokrasi sering dikooptasi oleh kepentingan-kepentingan politik untuk mewujudkan tujuan-tujuan yang pragmatis . Dengan Grand Design dan Road Map Reformasi birokrasi mampu menghindari tarik menarik kepentingan politik.

Menpan dan RB EE Mangindaan dalam kuliah umumnya yang mengupas tentang kepemimpinan dalam era reformasi birokrasi, meminta kepada 152 mahasiswa IPDN sebagai pemimpin masa depan yang mampu menjadi figure pemimpin kedibel dan visional, yaitu pemimpin yang, aspiratif, partisipatif, kreatif dan inovatif, tanggap, responsif dan bergerak cepat, nisiator, inspirator, motivator, ulet, tangguh, relabekorban, menjadi agen perubah. (Biro Hukum dan Humas).

http://menpan.go.id/index.php/berita-index/596-ee-mangindaan-grand-design-reformasi-birokrasi-hindari-kooptasi-kepentingan-politik-pada-birokrasi

Juni 27, 2011 - Posted by | Berita Media

Sorry, the comment form is closed at this time.

%d blogger menyukai ini: